Tentukan Jurusan Sejak Dini Agar Tidak Menyesal

Tentukan Jurusan Sejak Dini Agar Tidak Menyesal – Senang rasanya jika telah berhasil menempuh pembelajaran dari TK hingga SMA. Ketika masuk SMA, banyak siswa yang telah mempersiapkan dirinya untuk masa depan, mulai dari memilih Perguruan Tinggi hingga jurusan yang nantinya akan dimasuki. Tak berhenti disitu, beberapa siswa pun melakukan diskusi bersama dengan orang tua dan guru BK.

Menentukan jurusan perkualiahan bukanlah suatu hal yang mudah, jurusan yang diambil harus sesuai bakat agar ke depannya dapat dijalani dengan lebih mudah. Salah satu jurusan yang banyak diminati dalam perguruan tinggi adalah ekonomi dan manajemen.

Menuju jenjang perkuliahan adalah hal yang sangat menyenangkan bagi seluruh mahasiswa baru. Banyak diantara mereka yang telah membayangkan kehidupan kampus bersama teman – teman seperti tayangan di televisi. Nyatanya kehidupan perkuliahan memang menyenangkan, namun dibalik itu terdapat hal lain yang membuat mahasiswa kelelahan akibat banyaknya tugas.

Pembagian Belajar Jurusan Ekonomi Dan Manajemen

Tidak perlu takut dengan setiap tugas yang diberikan saat memasuki kuliah nantinya karena tugas tersebut dapat terselesaikan dengan baik ketika benar – benar dikerjakan sungguh – sungguh, terlebih jika anda masuk dalam jurusan ekonomi dan manajemen. Jurusan ekonomi dan manajemen merupakan jurusan yang dapat dipelajari oleh seluruh mahasiswa dengan mudah.

Setiap perguruan tinggi memiliki fakultas yang terbagi menjadi beberapa jurusan termasuk fakultas ekonomi dan fakultas manajemen. Fakultas ekonomi memiliki beberapa jurusan seperti :

1. Ekonomi pemasaran
2. Ekonomi internasional
3. Ekonomi regional
4. Ekonomi pembangunan
5. Ekonomi moneter
6. Ekonomi industry
7. Ekonomi sumber daya manusia
8. Ekonomi sumber daya lingkungan dan alam

Setiap jurusan dalam fakultas ekonomi memiliki cakupan pembelajaran yang akan dipelajari di dalamnya. Tentunya, jurusan dalam fakultas ekonomi dapat dipilih oleh calon mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu, untuk fakultas manajemen juga terbagi menjadi beberapa jurusan diantaranya :

1. Manajemen keuangan
2. Manajemen pemasaran
3. Manajemen operasional
4. Manajemen sumber daya manusia

Sama dengan setiap jurusan dalam fakultas ekonomi, calon mahasiswa baru juga dapat memilih jurusan sesuai dengan kebutuhannya. Tidak sedikit orang berfikiran bahwa jurusan ekonomi dan manajemen adalah jurusan yang selalu berhubungan dengan keuangan dan bisnis. Dalam jurusan ekonomi dan manajemen memang mempelajari beberapa hal tersebut, namun masih dalam lingkup yang sempit dan masih banyak pelajaran berharga lainnya yang akan didapatkan saat masuk jurusan ekonomi dan manajemen. Jika memilih jurusan ekonomi, di dalamnya akan mempelajari tentang ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Ekonomi makro memiliki cakupan yang lebih luas dalam sebuah negara seperti inflasi, deflasi, nilai tukar, suku bunga BI dan GDP. Secara umum, ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang akan mempelajari cara tepat mengelola berbagai sumber – sumber daya seperti sumber daya manusia dan sumber daya alam yang sangat terbatas guna memenuhi beragam kebutuhan manusia yang tak terbatas. Sedangkan untuk jurusan manajemen yang akan dipelajari di dalamnya meliputi cara pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk dapat mencapai sebuah tujuan yang sangat efisien dan efektif melalui beberapa tahap yaitu planning atau perencanaan, pengalokasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Setelah mengetahui beberapa hal mengenai jurusan ekonomi dan manajemen kini, dapat dijadikan sebuah gambaran bagaimana nantinya kuliah dalam jurusan tersebut.

Bagi anda yang masih duduk di bangku SMA, sebaiknya mulai fikirkan untuk kedepannya akan melanjutkan kuliah dimana dan dengan jurusan apa agar tidak salah mengambil keputusan dan menyesal di belakang.



Add Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!