Raih Impian Kuliah

Bagi remaja yang baru saja selesai menyelesaikan pembelajaran di meja SMA, tentu sudah saatnya untuk memulai membuka lembaran baru dalam kehidupan yang lebih serius, yaitu dunia perkuliahan. Banyak anak SMA yang mendambakan kehidupan kampus yang seru karena hanya mempelajari mata kuliah yang diminati saja. Padahal, sebenarnya tidak hanya itu yang menjadikan dunia perkuliahan adalah dunia yang sangat istimewa sekaligus fase penentu akan seperti apa gambaran masa depan yang akan dimiliki. Bagi sebagian orang, mereka benar-benar tidak ingin menyia-nyiakan masa belajar di perkuliahan hingga memutuskan untuk mengambil kuliah di luar negeri.

Sedangkan sebagian yang lain, tentu ada yang berpikir bahwa kuliah di luar negeri adalah salah satu mimpi yang hampir mustahil terwujud. Namun, sebenarnya tidak mengapa orang-orang memiliki mimpi untuk berkuliah di luar negeri, asalkan sudah mengetahui jurusan apa yang akan diambil dan berani mengemban konsistensi untuk benar-benar belajar di negeri orang. Saat ini, jurusan management adalah salah satu jurusan yang sangat diminati anak muda Indonesia yang hobi nonton movie untuk mengambilnya di luar negeri. Ini merupakan pemikiran yang sangat rasional dan masuk akal, karena perkuliahan management di luar negeri lebih berkelas dan berkesan, serta akan menjadi salah satu bekal yang sangat berharga untuk terjun ke dunia kerja nantinya.

Kuliah management di luar negeri bukanlah impian yang mustahil untuk tercapai. Asalkan ada kemauan dan tekad yang bulat, serta diimbangi dengan usaha nyata yang bisa dilakukan mulai dari sekarang, maka sebenarnya menjadi mahasiswa management di luar negeri adalah hal yang sangat lumrah, sama lumrahnya dengan mendaftar perkuliahan di universitas atau politeknik lokal. Ada beberapa usaha yang harus dipersiapkan sejak awal, yang pertama adalah kemampuan bahasa inggris yang baik. Bukan suatu rahasia bahwa berkemampuan bahasa inggris adalah bekal utama yang dibutuhkan. Sehingga, dari sekarang yang bisa dilatih dan dipersiapkan adalah kemampuan untuk memahami dan berbicara dalam bahasa inggris, serta berlatih untuk mendapatkan nilai toefl yang sesuai dengan standar permintaan universitas luar negeri yang akan dituju. Biasanya, standar umum bagi calon mahasiswa yang ingin bersekolah di luar negeri, termasuk jurusan management, adalah hasil toefl yang dicapai minimal 500. Selain itu, rata-rata rapor selama bersekolah di SMA juga terkadang menjadi bahan pertimbangan tersendiri.

Selain mempersiapkan bahasa inggris, hal lain yang harus dipersiapkan adalah meluangkan waktu untuk mempelajari jurusan management itu sendiri. Pastikan bahwa kita sudah mengetahui dan mengenal jurusan management dengan baik, yaitu seperti apa jurusan management, apa yang akan dipelajari, serta apa saja lapangan yang dapat dijadikan sebagai lahan pekerjaan di kemudian hari.



Add Comment