Kuliah Management

Salah satu hal yang sangat menentukan seperti apa pekerjaan orang nantinya adalah jurusan yang diambil pada saat bersekolah di perguruan tinggi dan menjadi mahasiswa. Berbeda dengan SMA, pembelajaran di perkuliahan akan sangat berpengaruh dalam dunia pekerjaan sekaligus membentuk seseorang untuk memiliki jati diri yang dipilih sesuai dengan sudut pandang ideal masing-masing. Sehingga, dalam memilih sebuah jurusan ketika mendaftarkan diri pada dunia perkuliahan, maka sempit atau luasnya lapangan pekerjaan harus benar-benar dipikirkan sejak awal. Sebagian besar orang berpikir bahwa lebih mudah mencari pekerjaan bagi orang-orang yang kuliah di jurusan dengan lapangan kerja yang luas, salah satunya adalah jurusan management. Pendapat tersebut menyebar karena memang jurusan management memiliki keistimewaan tersendiri yang membuat banyak lapangan kerja membutuhkan orang-orang lulusan management.

Bisa dikatakan bahwa orang yang mengambil studi management dapat memilih lapangan pekerjaan apa saja sesuai yang diinginkan oleh pribadi masing-masing. Contohnya saja, untuk orang-orang yang suka dan hobi dengan dunia fashion, maka bisa bekerja di industri fashion dengan mengambil kuliah management. Industri fashion tentu harus memiliki pola manage yang baik, serta stragtegi-strategi pemasaran dan penjualan yang baik sehingga tak pelak jika industri yang satu ini memerlukan orang yang mahir dalam bidang management.

Selain fashion, jika menyukai dunia keuangan, seseorang bisa saja memasuki dunia pekerjaan perbankan dengan berkuliah di jurusan management. Tidak hanya perbankan, perusahaan lain di bidang keuangan pun juga bisa dimasuki. Jika menyukai dunia perdagangan, seorang lulusan management idealnya memiliki kemampuan strategi pasar yang baik sehingga bisa menjadi salah satu orang penting yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis pemasaran seperti situs sbobet.

Beberapa contoh lapangan pekerjaan yang telah disebutkan di atas baru merupakan sebagian kecil dari banyaknya lapangan kerja yang bisa dipilih oleh lulusan management. Namun, meskipun lapangan pekerjaan kuliah management sangat luas, tetaplah dibutuhkan kerja keras dan kedisiplinan dari masing-masing pribadinya. Kerja keras ini bisa dilakukan pada saat masih menjabat sebagai mahasiswa, sehingga bisa belajar sebanyak-banyaknya dan mempelajari beberapa kesalahan agar tidak melakukannya kelak di kemudian hari pada saat berada di lapangan pekerjaan.

Kerja keras yang dimaksud bukanlah hanya sebatas nilai IPK saja, namun termasuk dalam soft skill seperti kemampuan berkomunikasi dan kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain, baik sesama individu maupun kelompok. Seseorang yang kuliah di jurusan management dan tidak memiliki soft skill yang baik, maka bukan tidak mungkin akan dikalahkan oleh lulusan jurusan lain yang memiliki soft skill berkualitas. Sebaliknya, bila memiliki soft skill yang baik, maka akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan nantinya.



Add Comment